Breaking News

Pemkab Soppeng Gelar Acara Maulid Nabi Muhammad SAW


Pemkab Soppeng Gelar Acara Maulid Nabi Muhammad SAW

ZONA BUSER | SOPPENG- Pemerintah Daerah Kab. Soppeng bekerjasama dengan Pondok Pesantren Yasrib Watansoppeng menyelenggarakan acara Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Pondok Pesantren Yasrib Watansoppeng, Minggu (06/11/2022)


Acara diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan riwayat hafiz qulub wars khalaf oleh Ananda Aulia Al husna Syahid dan Safinatullah Al Aulia Syahid.



Pembacaan Sirah Nabawiyah oleh Muminayah, S.Pd Selanjutnya tes hafalan 1 Juz, 5 juz, 10 juz dan tes hafalan matan kitab jurumiyah, Pembaca biodata oleh Irwandi Hasanuddin, Lc


Sambutan Pimpinan Pondok Pesantren Yasrib Lapajung, H. Muhammad Taslim Basri Daud, Lc, Acara peringatan maulid yang kita lakukan pada hari ini merupakan keberkahan, rahmat dan menjadi bukti Mahabbah kita kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Dan tentu dalam pelaksanaan acara ini pasti ada kekurangan, kami mewakili panitia dan semua rekan-rekan yang telah bekerja dengan luar biasa baik dari pemerintah daerah kabupaten soppeng maupun panitia internal dari Pondok Pesantren Yasrib memohon maaf yang sebesar-besarnya ada kekurangan dan kesalahan.


Pada kesempatan ini, kami mohon sedianya kepada Wakil Bupati Soppeng untuk meresmikan dua bangunan kelas yang Alhamdulillah telah ditempati awal September yang lalu dimana ini merupakan pemberian dari para donatur. Selanjutnya adalah melepas santri kita yang akan melakukan studi pendidikan ke Al Azhar Kairo Mesir.


Kami juga sampaikan bahwa jumlah santri yang kami yang ada disana sebanyak 28 orang dan 24 diantaranya adalah orang Soppeng yang akan kembali mengabdikan diri. Ini merupakan cita-cita Anregurutta Daud Ismail untuk menggiring anak-anak kita menuntut ilmu di Al-Azhar dan ingin menjadikan Yatsrib sebagai Azhar kecil. Kami sampaikan pula, bahwa ada beberapa program yang telah kami buat yakni program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Untuk jangka pendek yaitu pembangunan asrama pemondokan, pengadaan sumur bor, dan dapur umum. Untuk jangka menengah, kami bersama pengurus memikirkan bahwa kita akan membuka kampus untuk putra dan putri, perluasan masjid putra dan pembangunan mushola putri, serta pembuatan pagar pesantren. Sedangkan untuk jangka panjang yaitu pembangunan gedung olahraga karena santri juga membutuhkan refreshing dan dapat bermain pada waktu-waktu yang telah ditentukan. Dan Alhamdulillah seminggu yang lalu telah ditandatangani akta ikrar wakaf pembangunan pesantren yasrib cabang malino.



Kepada para rekan guru Pembina yang ada pondok pesantren yasrib mari kita menjaga ukhuwah dan solidaritas persatuan kita dengan senantiasa memberikan yang terbaik kepada anak didik kita. Kepada para alumni mari bersama-sama, bahu membahu mengembangkan dan mengharumkan nama baik pondok pesantren kita. Kepada semua santriwan dan santriwati mari kita lanjutkan cita-cita para pendahulu pondok pesantren ini, berbaktilah kepada kedua orang tua dan menjadi orang yang bermanfaat terhadap sesama.


Acara dilanjutkan penyerahan akta ikrar wakaf pondok pesantren yasrib cabang malino oleh Notaris & PPAT Herlina, SH sebagai perwakilan para nasir dan KUA Kecamatan Tinggimoncong Kab. Gowa, Sulawesi Selatan ke yayasan perguruan Islam Yasrib Watansoppeng.

Selanjutnya penyerahan piagam penghargaan juara 3 liga santri piala kasad tingkat prov. Sulawesi selatan oleh Wakil Bupati Soppeng turut mendampingi Dandim 1423 Soppeng.


Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP dalam sambutannya, Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Soppeng dan pribadi menyampaikan ucapan terima kasih dan setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana pimpinan Pondok Pesantren yasrib dan semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga apa yang dilakukan pada hari ini dicatat sebagai bentuk kebaikan dan dapat menjadi sarana silaturahim di antara kita semua. Mari kita memetik hikmah dari peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dengan senantiasa menebar rahmat dan cinta serta menjalin ukhuwah dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, memupuk kebersamaan dan rasa persatuan di Bumi Latemmamala demi mewujudkan Soppeng yang lebih melayani maju dan sejahtera.


Peranan pondok pesantren dalam era sekarang ini, terutama dalam menghadapi ancaman ekonomi global, pondok pesantren diharapkan dapat mendidik santri bukan hanya pengetahuan keagamaan tapi santri dituntut mempunyai keahlian khusus seperti kemampuan di bidang pertanian, peternakan dan kewirausahaan sehingga pondok pesantren dapat menjadi tempat perputaran ekonomi dengan demikian pondok pesantren menjadi pelopor ekonomi umat yang bermuara pada stabilitas perekonomian nasional.



Ada beberapa kegiatan dan program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah seperti pelaksanaan MTQ dan STQ mulai dari tingkat Kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan tingkat nasional, perayaan hari besar keagamaan seperti hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha, Isra Mi’raj, perayaan 1 Muharram, hari Asyura dan peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW seperti yang kita laksanakan saat ini dan setiap tahunnya bukan hanya ritual tahunan semata akan tetapi menjadi suatu momentum untuk semakin mempertebal Keimanan kita.


Saya berharap kepada kita semua untuk senantiasa meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, selalu menebar rahmat dan cinta serta menjalin Ukhuwah, tetap menjaga keamanan dan ketertiban demi menciptakan situasi yang aman dan kondusif bagi masyarakat. Mari kita menjadi pelopor dan antisipasi terjadinya krisis global terutama krisis pangan dengan memanfaatkan semua kondisi yang ada salah satunya pekarangan rumah untuk mendukung program pemerintah kab. Soppeng untuk menanam Satu Juta Pohon cabe dan komoditi lainnya.


Acara dilanjutkan peresmian 2 gedung yang ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Wakil Bupati Soppeng dan Pimpinan Pondok Pesantren Yasrib Watansoppeng.


Penyerahan beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kab. Soppeng yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Soppeng didampingi oleh ketua baznas kab. Soppeng dan Pimpinan Ponpes Yasrib Watansoppeng.

Dilanjutkan pelepasan santri pondok pesantren yasrib yang akan melanjutkan studi di Universitas Al Azhar Kairo Mesir ditandai dengan pengalungan Sorban oleh Wakil Bupati Soppeng mendampingi para Anggota Forkopimda, pimpinan pondok pesantren Yasrib Watansoppeng dan Sekretaris Daerah Kab. Soppeng.



Selanjutnya ceramah pembawa acara maulid Nabi Besar Muhammad SAW oleh K.H. Sumarno Syafe’I (Pimpinan Pondok Pesantren Darussa’adah, Cengkareng, Jakarta Barat dan Da’I Nasional Damai Indonesiaku TV One).


#Pemkab Soppeng


© Copyright 2022 - ZONABUSER.ID | BERITA TERKINI HARI INI