Breaking News

Berantas Buta Aksara Qur'an, Ini yang Dilakukan Penyuluh Agama KUA Marioriwawo

Dr. Sidrah, S. Ag. M. Pd. I


ZONA BUSER | SOPPENG-Beberapa warga masih ada yang tidak bisa membaca Alquran.Dan  Hal ini menjadi fokus pembinaan salah satu Penyuluh Agama Islam Kecamatan Marioriwawo kabupaten Soppeng, Rabu 12/07/2023


Menyikapi hal tersebut, Dr. Sidrah, S. Ag. M. Pd. I selaku penyuluh agama di KUA Marioriwawo saat ditemu Awak Media di masjid Hilaluddin Sentral Takalala Sebelah selatan Pasar menyampaikan:

Kegiatan kali ini adalah bimbingan kepada jamaah masjid Hilaluddin Sentral Takalala yang terdiri dari kelompok Pengajian Dasar Lansia Marioriwawo dan anggota Majelis Taklim Manbaul Ulum Sentral


Dan Selaku Penyuluh Agama di KUA tentunya merasa senang melihat antusias dari masyarakat ikut dalam program Peningkatan Literasi al-Qur'an sebagai salah satu  upaya dalam mengentaskan  Buta Aksara Qur'an di Kec. Marioriwawo khususnya bagi masyarakat khusus lansia.  Kegiatan ini merupakan salah satu wujud  tanggung jawabnya selaku Penyuluh Agama Islam di wilayah binaan,jelasnya.


 Dalam melaksanakan program ini serta berinovasi dengan menerapkan beberapa metode dengan tujuan memberikan motivasi dan semangat kepada jamaah untuk belajar membaca al-Qur'an. Diantaranya Metode Wisata Religi, tujuannya untuk menambah wawasan keagamaan jamaah dan meningkatkan keimanan kepada Allah swt.dengan tadabbur alam dan tadabbur al-Qur'an. 




Selain itu, menerapkan metode nada dalam syiar yakni mengajar dengan irama, juga berinovasi mengajarkan huruf Hijaiyah melalui nada dan irama yg sesekali diselingi dengan shalawat. Selanjutnya metode santai bermakna..maksudnya memberikan kesempatan kepada lansia untuk belajar dengan santai tanpa beban termasuk posisi yang  tidak bisa duduk terlalu lama..selanjutnya selain jamaah lansia, 

Ibu Sidrah juga menyentuh pelaku UMKM di wilayah binaan untuk belajar membaca al-Qur'an sekaligus mendampingi pendaftaran sertifikasi halal.


Terdapat 7 titik lokasi di Kec. Marioriwawo dengan jumlah 222 orang tambah 1 titik di Kec. Lalabata yakni Rutan Kelas II B Watansoppeng. 


Program peningkatan literasi al-Qur'an ini berjalan baik dan lancar serta mendapatkan dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah karena sejalan dengan Peraturan Daerah No.8 Tahun 2014 Tentang Baca Tulis al-Qur'an, pungkasnya Ibu Sidrah..**)



© Copyright 2022 - ZONABUSER.ID | BERITA TERKINI HARI INI