Breaking News

Jepang Akan Memperkuat Perekonomian Indonesia Melalui Proyek Infrastruktur

Jepang Akan Memperkuat Perekonomian Indonesia Melalui Proyek Infrastruktur

AHAD NEWS ■ Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, melakukan perjalanan luar negeri pertamanya sejak menjabat, dia menyebut lawatan ini sebagai upaya agar Asia Tenggara mencapai perdamaian di Laut Cina Selatan, sambil mempromosikan konsep kerjasama regional "Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka".

Suga, dalam kunjungan empat hari ke Vietnam dan Indonesia, tiba Selasa dari ibukota Vietnam, Hanoi. Asia Tenggara dipilih untuk perjalanan pertamanya sejak menggantikan Shinzo Abe sebagai perdana menteri bulan lalu untuk menunjukkan pentingnya kawasan itu bagi Jepang.

Setelah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo, Suga mengatakan negara-negara Asia Tenggara adalah kunci untuk mengejar "Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," atau FOIP, dan bahwa ia mengatakan kepada Widodo bahwa "Jepang berkomitmen untuk berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran di wilayah."

“Saya mendukung penuh ASEAN Outlook on the Indo-Pacific yang diinisiasi Indonesia, karena memiliki banyak kesamaan mendasar dengan Indo-Pasifik Jepang yang bebas dan terbuka,” ujarnya.

Jokowi menyambut baik dukungan Jepang untuk negara-negara Asia Tenggara dan kemitraan antara Indonesia dan Jepang. 

“Saya tekankan semangat kerja sama untuk terus diperkuat, terutama di tengah persaingan yang semakin tajam antar negara adidaya dunia,” ujarnya.

“Saya juga menggarisbawahi harapan saya agar Laut China Selatan dapat terus menjadi lautan perdamaian dan stabilitas,” tambahnya.

Suga mengatakan, kedua pemimpin setuju untuk memperkuat hubungan pertahanan bilateral dan akan bekerja untuk mengadakan pembicaraan menteri luar negeri dan pertahanan "dua-plus-dua" yang kedua. 

Jepang memiliki pembicaraan tingkat menteri serupa dengan AS, Australia, dan beberapa negara lain, sementara Indonesia adalah satu-satunya anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara yang memiliki saluran tersebut. Kedua belah pihak juga sepakat untuk bekerja menuju pencapaian alutsista dan perjanjian transfer teknologi.

Jepang melonggarkan larangan ekspor senjatanya pada 2014 dan sejak itu telah mempromosikan ekspor alutsista di bawah upaya Abe, yang mengundurkan diri bulan lalu karena masalah kesehatan, untuk meningkatkan kemampuan militer negara dan membantu mengembangkan industri pertahanannya.

Suga menandatangani kesepakatan seperti itu dengan Vietnam pada hari Senin. Jepang memiliki kesepakatan transfer peralatan pertahanan dengan 11 negara lain, termasuk AS, Inggris, Filipina, dan Malaysia, dan sedang bernegosiasi dengan Thailand.

Jepang pada Selasa, setuju untuk memperpanjang pinjaman 50 miliar yen ($ 470 juta) untuk mendukung ekonomi di Indonesia saat dilanda pandemik, utamanya di berbagai bidang seperti pencegahan bencana, serta persediaan dan peralatan medis untuk institusi medis, kata Suga. 

Jepang akan memberikan dukungan untuk memperkuat perekonomian Indonesia melalui proyek infrastruktur seperti sistem kereta api berkecepatan tinggi dan pengembangan pulau-pulau terpencil, imbuhnya.

“Indonesia merupakan negara maritim di Indo-Pasifik dan mitra strategis Jepang, dan Jepang semakin mendorong kerja sama kita di berbagai bidang, termasuk upaya mengatasi pandemik virus corona,” kata Suga.

Jepang dan Indonesia juga sepakat untuk merundingkan pelonggaran pembatasan masuk untuk perjalanan bisnis penting antara kedua negara.

Karena mempromosikan visi FOIP dengan AS, Australia, dan India, Tokyo ingin menyampaikan bahwa penghormatannya terhadap sistem internasional berbasis aturan menjadikannya mitra yang lebih baik bagi negara-negara ASEAN daripada China, yang telah memicu peningkatan aktivitas sepihak dan militer di kawasan tersebut. friksi regional.

Sebelumnya pada Selasa, Suga menghadiri upacara penyambutan di istana presiden di Bogor, tepat di luar Jakarta, ibu kota Indonesia, setelah tiba dari Vietnam. Pada Rabu, ia dijadwalkan bertemu orang-orang yang terkait dengan perusahaan Jepang dan meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata sebelum kembali ke Tokyo. (**)

© Copyright 2022 - ZONABUSER.ID | BERITA TERKINI HARI INI