Breaking News

Penganugerahan Penghargaan Inovatif Latemmamala 2023 , Wakil Bupati Sampaikan Ini


ZONA BUSER | SOPPENG -Penganugerahan Penghargaan Inovatif Latemmamala 2023 di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng,  Selasa (6/6/2023) 


Pelaksana  Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Soppeng


Laporan Ketua Panitia Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Soppeng, Andi Agus Nongki, S.STP, M.Si:


Innovative Goverment Award yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri setiap tahun menjadi upaya pemerintah dalam menumbuh kembangkan inovasi di daerah. 


Penganugerahan Inovatif Latemmamala merupakan kegiatan lomba inovasi daerah untuk persiapan pelaporan Indeks inovasi daerah untuk pengay innovative goverment award yang dilaksanakan setiap tahun oleh kemengri. 


Kategori peserta yang mendapatkan anugrah tahun 2023 yaitu perany daerah/inovator terinovatif, dengan tujuan untuk memberikan apresiasi kepada para inovator yang telah mengusulkan proposal inovasi yang terbaik dalam lomba inovasi daerah. 


Adapun tim penilai dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yaitu, Mardiyanto Wahyu Tryatmoko, Kepala Pusat Inovasi Pemerintah Dalam Negeri dan Adi Suhendra, Peneliti Ahli Madya Pusat Riset Pemerintah Dalam Negeri. 


Sambutan Mardiyanto Wahyu Tryatmoko, Kepala Pusat Inovasi Pemerintah Dalam Negeri :

Dari 40 yang yang mengajukan propossl, akhirnya menjadi Top 10 hari ini, mudah-mudahan dapat menjadi contoh untuk yang lain, baik itu Instansi pemerintah, ataupun perseorangan. 


Dalam inovasi ini, ada beberapa yang harus diperhatikan untuk menuju ke tingkat lebih atas lagi, apalagi yang utama adalah proposalnya. Isi dari proposal ini betul-betul harus diperhatikan sesuai dengan inovasi yang kita bawakan. 


Masih ada indikator-indokator lain yang perlu diperhatikan, seperti dengan aktor, riset dan masih banyak yang lainnya dan itu akan terus kami dampingi. Perlu kami sampaikan juga inovasi bahwa yang masih kurang umumnya inovasi dari masyarakat, dan kami harap dapat mengajak masyarakat untuk berinovasi. 


Sambutan Wakil Bupati Soppeng, H.Lutfi Halide,MP:

Majunya suatu daerah sangat ditentukan inovasi yang dilakukan oleh daerah. Untuk itu diperlukan upaya untuk memacu kreatifitas daerah untuk meningkatkan daya saing daerah dalam rangka percepatan dan upaya menciptakan perubahan kepada tradisi, pola dan cara baru melalui gerakan satu perangkat daerah satu inovasi, yaitu gerakan yang mewajibkan 1 perangkat daerah menghasilkan sedikit 2 inovasi setiap tahun sebagai upaya menuju kabupaten ter inovatif. 


Saya menghimbau kepada kepala SKPD senantiasa menciptakan Budaya inovasi dilingkungan kerjanya masing-masing dengan memperkenalkan gagasan/ide yang unik dan pendekatan baru dalam penyelesaian masalah dengan memperlihatkan hasil nyata dalam pelayanan publik. 


Selamat kepada para inovator yang terinovatif untuk Bumi Latemmamala dan dinyatakan lolos tahap evaluasi untuk ditetapkan sebagai inovasi daerah, dan semoga semangat berinovasi dan berkompetisi positif untuk berlomba-lomba dal peningkatan kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat dapat terus meningkat demi mewujudkan Soppeng yang lebih melayani, maju dan sejahtera. 


Adapun hasil dari Penganugerahan Penghargaan Inovatif Latemmamala 2023 yang mendapatkan Piagam penghargaan:

1. Kelas OGI, Kelas Berorientasi Bugis, Inovator : Rahmaningsih, S. Pd 

2. SUTASOMA (Sistem Perlindungan Petani Soppeng Maju dan Sejahtera), inovator : Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, perkebunan dan ketahanan pangan.

3. Mobile Class mario, inovator : Dinas pendidikan dan kebudayaan. 

4. BASMI PELAKOR GASTU (Bersama Kami Petugas Lacak Kesehatan Orang Terduga Tuberculosis), inovator : Hj. Andi Nirmayana, S. Kep.Ns.

5. KERAMAT KELOR (Kreasi Makan Daun Kelor Setiap Hari Minggu Desa Enrekeng untuk cegah BBLR dan Stunting) inovator : Puskesmas Ganra

6. SECEPAT KILAT (Sistem Cepat Kelola Distribusi dan Laporan Obat) inovator : Puskesmas Takalala. 

7. BAYI PAPA (Bayi Lahir Pulang Dapat Akta) inovator : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

8. Smart Class Device, inovator : UPTD SPF SDN 53 Lajarella.

9. PTSP dalam Genggaman, inovator : Dinas Penanaman modal, Pelayanan terpadu satu pintu, tenaga kerja dan transmigrasi. 

10. FOR KIA (Forum Rujukan Kesehatan Ibu dan Anak), inovator : RSUD Latemmamala. 


Kategori SKPD Terinovatif yang menginput Inovasi terbanyak : RSUD La Temmamala Kabupaten Soppeng

-Kategori Display terbaik :Smart Class Education UPTD SPF SDN 53 Lajarella.

-Pemenang Top 6 Inovasi La Temmamala tahun 2023,yang mendapatkan trofy dan uang pembinaan masing-masing 2juta:

1.Kelas OGI 

2.Mobile Class mario

3.Keramat Kelor

4.Sutasoma

5.Basmi Pelakor Gastu

6.Bayi Papa


Turut hadir, Sekretaris Daerah, Staf Ahli,Asisten,Kepala SKPD, Camat, Lurah, Desa.

© Copyright 2022 - ZONABUSER.ID | BERITA TERKINI HARI INI