Breaking News

Peringatan Kesehatan Nasional ke 59, Bupati Soppeng Menerima Penghargaan dari Gub Sulsel


Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak dan Plt Dinkes Hj Andi Maria Razak saat mewakili Gubernur Sulsel menyerahkan penghargaan 


ZONA BUSER | SOPPENG-Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng menggelar Acara Ramah Tamah Dalam rangka Peringatan Kesehatan Nasional ke 59 Tahun sekaligus penyerahan penghargaan dari Gubernur Sulsel kepada Bupati Soppeng dan penghargaan Nakes teladan tingkat nasional yang dilangsungkan di Gedung Serbaguna La Patau Soppeng. Senin, 20 November 2023.

Acara diawali dengan persembahan paduan suara dan senam cuci tangan oleh para kelompok Lansia.

Hj. Andi Maria Razak, S.E selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng dalam sambutannya, mengatakan, "Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Pada tahun ini merupakan peringatan yang ke-59 dengan mengusung Tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”.

Tema ini dipilih untuk menggambarkan bagaimana keberhasilan transformasi kesehatan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan dengan berkolaborasi dan melibatkan berbagai pihak terkait yang bertujuan meningkatkan dan mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat agar bisa lebih produktif sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian yang akan menjadikan Indonesia menjadi lebih mampu.

Peringatan HKN ke-59 di tahun ini dapat kita jadikan sebagai momentum untuk mewujudkan sistem kesehatan nasional yang lebih kuat sehingga mampu menghadapi tantangan seperti pandemi COVID-19.

Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-59 Tingkat Kabupaten Soppeng Tahun 2023 yang dilaksanakan sejak tanggal 23 Oktober 2023 meliputi berbagai kegiatan yaitu Kegiatan Surveilans Kualitas Air Minum Rumah Tangga, Skrining Hipertensi Serentak, Penilaian Nakes Teladan pada seluruh UPTD Puskesmas, Lomba Balita Sehat, Lomba Kebersihan Pustu dan Poskesdes, Kegiatan Sarapan Bersama, Senam Bersama dan Minum Tablet Tambah Darah serentak serta lomba-lomba antar UPTD Dinkes yang dilakukan untuk mempererat tali persaudaraan serta silaturahmi pada sesama tenaga kesehatan, serta memupuk jiwa sportivitas dan melatih kekompakan pada tim waktu dalam perlombaan.

Disamping itu juga ada kegiatan bakti sosial oleh Organisasi Profesi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Soppeng dan Persatuan Dokter Indonesia (PDGI) Cabang Soppeng sebagai wujud pengabdian masyarakat bidang kesehatan.

"Adapun tujuan dari peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ini yaitu mendorong program kemitraan antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan dinas kesehatan, lintas Kementerian, termasuk mitra swasta, organisasi/ profesi, dan masyarakat untuk mendukung transformasi kesehatan. 

"Mendorong promosi gaya hidup sehat di Indonesia pada setiap siklus hidup melalui kolaborasi lintas sektor untuk mewujudkan Indonesia lebih sehat.

Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa "Pelaksanaan kegiatan hari ini, merupakan momentum untuk kita semua selaku ujung tombak pelayanan bagi masyarakat, sehingga dibutuhkan kerjasama dan saling bahu membahu, tidak boleh saling melemahkan karena apabila ada satu elemen yang tidak bekerja dengan baik akan berdampak pada institusi kita karena seyogyanya kita harus mempersembahkan yang terbaik bagi ibu pertiwi.

"Terkait program Nasional yang telah diusung oleh Presiden untuk mencapai Visi Indonesia Emas Tahun 2045, maka saya berharap agar semua pihak dapat mengantarkan generasi kita ke masa itu terutama yang menjadi prioritas kita yaitu masalah stunting dengan menerapkan 6 pilar transformasi Kesehatan yang akan menjadi panduan dalam pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia. Karena ke 6 pilar ini menjadi rujukan kita kedepan untuk mencapai program-program yang akan kita laksanakan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dari Gubernur Sulawesi Selatan kepada Bupati Soppeng dalam dukungan percepatan sanitasi total berbasis masyarakat dan dukungan dalam penyelenggaraan kabupaten kota sehat tahun penilaian 2021-2022 yang diserahkan oleh Plt. Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng kepada Bupati Soppeng.

Serta dilakukan juga pemberian penghargaan kepada Nakes Teladan Tingkat Nasional dan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023 oleh Bupati Soppeng.

Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Bupati Soppeng, Soppeng, para anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, para Kepala SKPD, para Kabag Setda, para Camat se Kab. Soppeng, para tenaga kesehatan, para purnabakti tenaga kesehatan se Kabupaten Soppeng.**)

© Copyright 2022 - ZONABUSER.ID | BERITA TERKINI HARI INI