Breaking News

Desa Panincong Menjadi Salah satu dari Delapan Desa Peserta dari Kabupaten Soppeng

ZONA BUSER | SOPPENG-Hari ketiga Pelatihan New Desa Brilian 2024 Batch 1 yang dilaksanakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS), dimana Desa Panincong menjadi salah satu dari delapan desa  peserta dari Kabupaten Soppeng, Jumat 26 April 2024

Pelatihan yang dilakukan melalui Zoom Meeting ini berlangsung selama sebulan dan diikuti  oleh 474 Desa

dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. 


Menjadi peserta New Desa Brilian 2024 Batch 1 tentunya tidak serta merta. Ada syarat yang telah ditetapkan oleh BRI sebagai pelaksana diantaranya adalah desa memiliki Bumdes yang aktif dan produktif.


Kades Andi Mardiana antusias mengikuti diklat ini. Bersama pengurus Bumdesa Mandiri Panincong dan Perangkat Desa, ia mengikuti materi demi materi yang disampaikan oleh Narasumber dari Akademisi, Kementerian maupun dari BRI sendiri.


A. Mardiana mengatakan bahwa ini adalah kesempatan Desa Panincong untuk memperkenalkan produk unggulan Bumdesa Mandiri Panincong keluar,  mengingat peserta dari berbagai pulau. Tentunya ini juga menjadi ajang interaksi sesama Pemerintah Desa dan Pengurus Bumdes sehingga bisa menambawah wawasan.


Salah satu program Bumdesa Mandiri Panincong yang dipromosikan adalah Kedai Pola KedaipoLa yaitu ruang publik yang dibuka oleh Bumdes dimana masyarakat Panincong dan sekitarnya dapat bersantai sambil menikmati aneka jajanan murah meriah. Terdapat 12 box yang menjajakan makanan dari yang berat hingga makanan ringan sehingga dapat menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin bersantai bersama keluarga.


Selain menjajakan makanan, di Kedai Pola kerap ada live musik yang dipersembahkan oleh Bumdes secara berkala.


Adapun produk unggulan lainnya adalah Roti Somo yang sudah cukup di kenal oleh warga Panincong dan sekitarnya. Selain itu, Bumdes juga mengelola usaha Isi ulang air galon, Percetakan dan Bumdes Mart serta melayani pengadaan bahan bangunan/ material bangunan.

0 Komentar

© Copyright 2022 - ZONABUSER.ID | BERITA TERKINI HARI INI