Breaking News

Digelar Kirab Budaya Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka , Ini yang Disampaikan Bupati Soppeng


ZONA BUSER | SOPPENG- Kegiatan Gau Maraja La Patau Matanna Tikka tahun 2023 di Soppeng memasuki hari ke Tiga ( 3). Dan hari ketiga menggelar Kirab Budaya di Anjungan i Mangkawani Jalan Pemuda kelurahan Lemba Kecamatan Lalabata, Senin (17/7/23).



Peserta Kirab budaya yang terselenggara ini resmi dilepas H. Andi Kaswadi Razak, SE  Bupati Soppeng




Drs. Andi Agus Nongki M.Si ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan;


Kirab budaya diikuti 8 kecamatan Desa dan kelurahan, OPD dan 3 kabupaten diluar kabupaten Soppeng, Gowa, Jeneponto dan Polewali Mandar.


Dan sementara Bupati Soppeng dalam sambutannya:


Terima kasih kepada semua peserta tamu budaya baik lokal maupun tamu internasional dan di hadapan Tamu Narasumber seminar Internasional dan para raja, sultan dan Perwira yang sempat hadir, Andi Kaswadi memaparkan bahwa La Patau Matanna Tikka adalah tokoh penting yang telah meletakkan dasar-dasar hubungan persaudaraan dan kerjasama persatuan di Sulawesi Selatan dan Barat.


Selain sebagai raja La Patau Matanna Tikka juga menjadi simbol dalam gerakan sempugi atau penyatuan geologis antar bangsawan Bugis Makassar dan mandar di Sulawesi Selatan dan Barat.



Pada kesempatan itu juga Andi Kaswadi menjelaskan tujuan pelaksanaan Kirab Budaya " Pelaksanaan kirab ini menjadi media yang cukup representatif menjadikan mengenalkan kembali identitas lokal yang telah ada dan mengakar atau mungkin saja terkubur bersama sejarah pelakunya,"Jelas Andi Kaswadi.


Selanjutnya Pelepasan peserta Kirab Budaya Gau Maraja Matanna Tikka ditandai dengan penabuhan gendang oleh Bupati Soppeng H.Andi Kaswadi Razak, SE didampingi Ketua Mars Soppeng Andi Tantu A. Galib.


Turut hadir dalam acara pelepasan Kirab Budaya Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka Bupati Soppeng bersama ketua Tim Penggerak PKK, Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD kabupaten Soppeng bersama anggota, Forkopimda dan Majelis Agung Raja Soppeng bersama Raja dan Sultan Sesulbar, Ketua Perwira LPMT bersama anggota, Narasumber Seminar Internasional. **)


© Copyright 2022 - ZONABUSER.ID | BERITA TERKINI HARI INI