Breaking News

Pemerintah Kabupaten Soppeng Gelar Pembukaan Festival Budaya Gau Maraja La Patau di Hadiri 8 Negara


ZONA BUSER | SOPPENG-Pemerintah Kabupaten Soppeng menggelar Pembukaan Festival Budaya Gau Maraja La Patau Matanna Tikka bertempat di Gedung Serbaguna Lapatau.Sabtu malam, 15 Juli 2023.


Pembukaan Festival Budaya Gau Maraja La Patau Matanna Tikka dihadiri para tamu undangan dari berbagai negara diantaranya Singapura, Amerika, Australia, Japan, Belanda, Brunai Darussalam, Filipina dan Malaysia.



Acara di awali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia raya yang diikuti seluruh  tamu undangan. kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dipimpin oleh, Andi Muhammad Ikram Andi Kaswadi Razak.


Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan Andi Sumangerukka, dalam sambutannya, Mewakili seluruh panitia kami Menyampaikan bahwa dengan terlaksananya Festival Gau Maraja La Patau Matanna Tikka adalah hasil karya kolaborasi dari berbagai pihak yakni pemerintah kabupaten Soppeng, Direktorat perfilman  musik dan media, Kemendikbud riset dan balai pelestarian wilayah (19) sembilan belas.


Adapun beberapa bagian yang akan dilaksanakan sebagai rangkaian acara Gau Maraja La Patau Matanna Tikka yaitu, kirab budaya,  Pameran UMKM dan makanan tradisional, Pertunjukan Seni budaya tradisional, pertemuan wija raja La patau Matanna Tikka, pameran benda pusaka, Seminar internasional dan masih banyak kegiatan lainnya," Ujar Andi Sumangerukka.


Sementara itu, Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah 19, La ode  Muhammad Azar dalam sambutannya menuturkan, Gau Maraja adalah peringatan besar atau peringatan Akbar yang menyajikan berbagai makan kuliner serta dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budaya kearifan lokal


Karna itulah inovasi sangat diperlukan dari semua pihak dalam melestarikan kebudayaan," Ungkapnya. 


Ditempat yang sama, Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak SE pada kesempatannya mengucapkan, atas nama pemerintahan kabupaten Soppeng menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada direktur perfileman yang sempat hadir menyaksikan acara pada malam berbahagia ini, dan seluruh tamu undangan dengan ucapan selamat datang di kabupaten Soppeng yang biasanya dikenal bumi Latemmamala atau kota kalong.


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Sejarah La Patau Matanna Tikka  adalah sosok pemimpin yang jujur tegas dan seorang pemeluk agama Islam yang sangat kuat pada masa itu.


Olehnya itu sekarang kita menggagas suatu pertemuan besar yang mana acara yang pertama La patau telah terlaksanakan di Kabupaten Bone dan untuk pelaksanaan sesi kedua kabupaten Soppeng ditunjuk sebagai pelaksana.


Pelaksanaan La Patau belum bisa dianggap sempurna karena kami sangat mengakui banyak kekurangan yang kami miliki selaku penyelenggara, untuk itu kami atas nama Pemerintah Kabupaten Soppeng memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh tamu undangan," Tutup Bupati Soppeng Andi Kaswadi Rasak 


Untuk diketahui, Festival Budaya La Patau Matanna Tikka akan berlangsung  selama 4 hari mulai tanggal 15 Juli - 18 Juli 2023.**)


© Copyright 2022 - ZONABUSER.ID | BERITA TERKINI HARI INI