Breaking News

SMPN 4 Lalabata Soppeng Bentuk Wirausaha yang Berkarakter

ZONA BUSER | SOPPENG-SMP Negeri 4 Lalabata Soppeng melaksanakan gelar karya P5 Dengan Tema Kewirausahaan dan Topik Wirausaha Yang Berkarakter, Sabtu 25 Mei 2024.


Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Lalabata Kaharuddin,S.Pd.M.Pd secara singkat memaparkan Kegiatan P5 di kurikulum merdeka merupakan kegiatan pengembangan karakter kepada siswa, Ungkapnya.




" Disamping itu kegiatan ini juga membekali siswa kecakapan hidup, P5 ini bukan merupakan suatu mata pelajaran, melainkan suatu proyek yg dilakukan di sekolah untuk mengembangkan karakter siswa supaya siswa bisa mandiri, bertanggung jawab, bekerjasama serta disiplin disamping itu juga membekali peserta didik kecakapan hidup untuk masa depannya ketika nanti mereka sudah tamat," Ujarnya lagi.


" Harapan saya sebagai kepala sekolah, kelak kalau anak-anak selesai bersekolah, mereka tidak kehilangan arah untuk kelangsungan hidupnya karena sudah memiliki bekal kecakapan hidup ketika nanti terjun ke masyarakat." Pungkas Kaharuddin, 


Juslan, SS. M.Pd selaku penanggung jawab P5 SMP Negeri 4 Lalabata menjelaskan " Salah satu tujuan yang ditetapkan dalam Penguatan Projek Pelajar Pancasila adalah dengan memberikan pembelajaran lapangan dan melakukan aksi nyata dalam menjawab tema masing-masing, oleh karena itu dalam pelaksanaan projek tema kewirausahaan peserta didik diharap aktif dan partisipatif dalam proses belajarnya, Ungkap Juslan, SS.M.Pd.


" Diperlukan kolaborasi dengan pihak lain untuk bisa turut mendukung berhasilnya projek “Wirausaha Yang Berkarakter”.

Makna Wirausaha Yang Berkarakter dalam projek ini adalah menjadi sosok wirausahawan yang memiliki jiwa kemandirian dan bertanggung jawab sehingga mampu memberikan solusi terhadap permasalahan di masyarakat dengan membawa nilai ekonomi dalam bisnisnya. Tambahnya lagi.


" Kategori Wirausaha Yang berkarakter bisa menjadi solusi terhadap salah satu kategori isu : Lingkungan, Pendidikan, Transportasi, Pariwisata, Gaya Hidup, Kesehatan, Makanan, dan Umum," Tandas Juslan, SS. M.Pd.


Kegiatan gelar karya P5 SMP Negeri 4 Lalabata yang beralamat di Dusun Jolle Desa Umpungeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng menampilkan kreativitas para siswa yang terbagi dalam beberapa kelompok dalam mengolah bahan-bahan dasar makanan menjadi berbagai macam penganan atau kue tradisional dan minuman yang menyegarkan.(**)


© Copyright 2022 - ZONABUSER.ID | BERITA TERKINI HARI INI