Breaking News

Bappelitbanda Kabupaten Soppeng Gelar Rakor Penghapusan Kemiskinan Ekstrem



ZONA BUSER | SOPPENG-Bappelitbanda Kab.Soppeng melaksanakan Acara Rapat Koordinasi Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim, bertempat diruang pertemuan Kantor Kecamatan Lalabata Kab.Soppeng. Senin, 6 November 2023.

Laporan Ketua panitia, Kepala Bappelitbanda Kab Soppeng, Andi Nongki, S.IP, M.Si Rapat Koordinasi Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem tahun 2023, dimaksudkan untuk menguatkan kembali komitmen bersama dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Soppeng, melalui pemanfaatan data penasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dengan tujuan untuk mempercepat penurunan kemiskinan ekstrem mencapai target 0% sesuai target RPJMN.

Terkait dengan data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem (P2KE), Data yang kami terima dari satgas P3KE Kemenko PMK & Kebudayaan RI, menggunakan basis data hasil pendataan keluarga tahun 2021 by name by address, dan sesuai amanat Inpres No.4 tahun 2022
Dan Sesuai Amanat Inpres No.4 Tahun 2022, Tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Bahwa “Untuk Penyiapan Data Sasaran Keluarga Miskin Ekstrem Yang Ditetapkan Dengan Keputusan Bupati Berdasarkan Hasil Musyawarah Desa/Kelurahan Yang Dibuktikan Dengan Berita Acara” Maka Sesuai Amanat Tersebut, 70 Desa Dan Kelurahan Telah Melaksanakan Musdes/Kel Dan Hasil Musyawarah Telah Diterima Dalam Bentuk Berita Acara Hasil Musyawarah Desa/Kel Penetapan Sasaran Keluarga Miskin Ekstrem, Dengan Rincian : 8.440 Jiwa Atau 1.641 Kepala Keluarga Yang Tetap Diusulkan Untuk Tetap Menjadi Data P3ke, Dan 15.311 Jiwa Yang Tidak Diusulkan Karena Alasan Usul Pindah Desil, Meninggal, Pindah Domisili Atau Keluarga Tidak Dikenal. Selain Itu, Terdapat 12 Desa/Kelurahan Mengusulkan Nol Data Bnba Untuk Ditetapkan (Semua Data Desil 1 Diusulkan Pindah Ke Desil Lain Karena Level Kesejahteraannya Tidak Memenuhi Syarat Di Desil 1)

Setelah Proses Tersebut Selesai Dan Telah Ditetapkan Dengan Keputusan Bupati Hari Ini Data P3ke Akan Diserahkan Ke Pemerintah Kecamatan Dan Skpd Untuk Kepentingan Intervensi Sesuai Kewenangan Masing-Masing.

Sambutan Wakil Bupati Soppeng, Ir.H.Lutfi Halide, MP menyampaikan Sebagaimana dipahami, bahwa kemiskinan saat ini masih menjadi isu global termasuk Indonesia, karena itu, isu kemiskinan ini tetap menjadi prioritas utama untuk diselesaikan dalam agenda pembangunan pada skala Nasional maupun tingkat pemerintah daerah, Karena penyebab kemiskinan yang beragam, maka untuk menyelesaikan membutuhkan intervensi semua pihak secara bersama dan terkoordinasi.

Sebagai bagian dari upaya penurunan angka kemiskinan, pemerintah menetapkan kebijakan penghapusan kemiskinan ekstrem, dengan target penghapusan menjadi 0 persen di akhir tahun 2024.

Kalau penduduk miskin adalah penduduk yang memiliki kemampuan memenuhi pengeluaran per kapita per bulan di bawah Garis Kemiskinan yaitu Rp472.525/kapita/bulan atau sekitar Rp15.750/kapita/hari, sedangkan penduduk miskin ekstrem memiliki kemampuan memenuhi pengeluaran per kapita lebih rendah dari penduduk miskin, hanya mampu memenuhi pengeluaran per kapita di bawah garis kemiskinan ekstrem yaitu 10.739 per hari atau Rp 322.170/bulan.

Berdasarkan data dirilis Satgas P3KE tahun 2022 persentase penduduk miskin ekstrem Kab. Soppeng, adalah 1,45%, lebih rendah dari angka nasional sebesar 2,04% dan provinsi Sulawesi Selatan yaitu 1,54%, sedikit menurun dari data 2021 tetapi masih belum memenuhi target RPJMN yaitu 0% persen, dan ini tentu menjadi tanggungjawab kita bersama untuk dapat memenuhi target 0% pada tahun 2024.

Terkait dengan instruksi dan arahan presiden no.4 tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, kita telah menetapkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem By Name By Address (nama dan alamat) berdasarkan hasil Musdes/Muskel, tugas selanjutnya adalah bagaimana memanfaatkan data tersebut sehingga target penghapusan kemiskinan ektrem di Kab.Soppeng di tahun 2024 dapat direalisasikan, maka sekaitan dengan hal tersebut selaku penanggung jawab penyelenggaraan pemerintahan di Kab. Soppeng, saya minta pimpinan OPD dan Pemerintah Desa/Kelurahan untuk melakukan tugas dan tanggung jawab masing-masing dan terus berkoordinasi untuk mencapai target yang telah direncanakan.

Penyerahan data P3KE (penasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem) kepala SKPD dan Camat Se-kabupaten Soppeng.

Turut Hadir pada kegiatan ini para Staf Ahli, para Kepala SKPD, kepala bagian, camat berserta kepala desa dan lurah./ #Pemkab Soppeng

© Copyright 2022 - ZONABUSER.ID | BERITA TERKINI HARI INI